Tunggakan BPJS Capai Rp 5,5 M

Tunggakan BPJS Capai Rp 5,5 M

KOTA MANNA BENGKULU SELATAN , Bengkulu Ekspress – Kesadaran warga Bengkulu Selatan (BS) dalam membayar biaya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sangat rendah. Buktinya dari 21.995 warga Bengkulu Selatan  peserta BPJS peserta mandiri mulai dari kelas 1,2 dan 3. Hanya segelintir saja yang membayar.

“ Peserta BPJS mandiri sebanyak 18.314 orang yang menunggak,” kata Kepala Operasional BPJS Bengkulu Selatan, Dudy Andrioko.

Andrioko, dari 18 ribu warga penunggak BPJS tersebut, besaran tunggakan BPJS nya mencapai Rp 5,5 Miliar. Dengan banyaknya peserta BPJS yang menunggak, maka kartu yang dipegang peserta secara otomatis tidak aktif lagi.  “ Bagi peserta yang menunggak biaya BPJS,maka kartunya tidak bisa digunakan lagi,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Dudy jika warga ingin menggunakan kartu BPJS nyya kembali, maka warga tersebut harus mengaktifkannya kembali. Peserta harus membayar tunggakan dan iuran bulanan. Sehingga dengan diaktifkannya kembali kartu tersebut, peserta dapat menggunakannya kembali untuk berobat. Dengan memegang kartu yang aktif, dapat membantu warga Bengkulu Selatan  yang hendak berobat.

“ Kalau kartunya mau diaktifkan lagi, silahkan tunggakanya dilunasi, jika tidak kartu BPJS yang dipegangnya tidak bisa digunakan lagi untuk berobat,” terang Dudy. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: